Jumat, 06 Oktober 2017

# Event # Leadership and Development

Pengalaman Menjadi Duta Cerita The Habibie Center

Beberapa bulan lalu tepatnya tanggal 28 - 30 Juli 2017, aku terpilih menjadi satu dari 30 Duta Cerita dan berkesempatan untuk mengikuti sebuah pelatihan yang diadakan oleh The Habibie Center di kota Solo. Setelah sebelumnya melewati serangkaian proses dari menulis esai, mengirimkan video profil dan mengikuti interview via skype. Berdasarkan penjelasan yang ada di facebook The Habibie Center, program CERITA adalah sebuah program untuk inklusivitas yang menggabungkan storytelling, transformasi konflik dan penggunaan aplikasi digital. Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama dua setengah hari ini mengajak peserta untuk bisa memahami isu toleransi dan keberagaman yang terjadi di sekitar kita  Program CERITA yang memiliki kepanjangan “Community Empowerment for Raising Inclusivity and Trust through Technology Application” ini juga berlangsung di Jakarta, Jogjakarta, Bandung dan Malang.




Bagiku pribadi, ini adalah pengalaman yang seru sekaligus menantang dimana aku berkesempatan untuk berdiskusi dengan pemateri yang sudah expert di ranah transformasi konflik seperti Rahimah Abdulrahim (Executive Director The Habibie Center), Stephen Shashoua (Founder Plan C: Culture and Cohesion), Abdul-Rehman Malik (Program Manager Radical Middle Way), Dr. Rudi Sukandar (Associate Fellow The Habibie Center), Aan Permana (Program Manager CERITA), dan Rosalina Wulandari (Co-Founder & CEO Lentera Indonesia). Acara pelatihan ini pun dikemas dengan sangat menarik dimana kita tidak hanya duduk diam mendengarkan instruksi tapi juga diajak untuk melakukan beberapa aktivitas layaknya bermain sambil belajar. Plus pasokan snack dan minuman di Omah Sinten yang super enak juga bikin para peserta ga keroncongan selama acara hehe





Melalui kegiatan ini, aku juga baru tau kalau bercerita itu juga bisa menjadi salah satu terapi healing process. Selain itu, aku juga belajar menjadi lebih peka dengan mendengar pengalaman para duta cerita lainnya yang pernah mendapat diskriminasi di lingkungan mereka. Kadang sebagai manusia kita tidak sadar bahwa tindakan kita bisa menyakiti orang lain seperti membully, menyebarkan ujaran hate speech atau berita hoax apalagi di era perkembangan digital seperti sekarang dimana kita bisa saja berlindung dibalik identitas anonim. Sehingga output dari kegiatan ini, para DUTA CERITA bisa melakukan replikasi training mengenai transformasi konflik dan story telling di kota asal para peserta.




Kegiatan ini juga menginspirasi aku dan temanku sesama Duta Cerita di Solo (Mas Dwi) untuk membuat kegiatan serupa di Pare, Kediri pada hari Minggu 27, Agustus 2017 dengan nama “ Pare Bercerita: Unity in Diversity”. Ketika kami membuat program tersebut, kami ingin memberikan hasil yang maksimal walaupun dengan persiapan acara yang sangat mepet yakni kurang dari dua minggu. Kami pun juga turut berkomunikasi dengan pihak The Habibie Center sekaligus meminta saran ditengah kesibukan kami masing - masing. Sebagai trainer merangkap seksi repot kami juga dituntut untuk bisa menghandle acara dengan baik mulai dari memikirkan konsep, mencari peserta, menjadi seksi konsumsi dan juga dokumentasi. Tetapi rasa capek itu terbayar ketika melihat antusiasme para peserta yang datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Makassar, Solo, Polewali Mandar, Lampung, Jombang, dan Medan. Peserta yang kebetulan sedang belajar di Pare ini memiliki semangat dan kepedulian akan isu toleransi yang terjadi di lingkungan dimana mereka berasal. Di akhir acara, peserta juga kami minta untuk menceritakan pengalaman keberagaman mereka dalam bentuk video dan juga bekerja secara berpasangan . Mungkin ini sebuah langkah kecil yang bisa aku lakukan sebagai salah satu pemudi Indonesia untuk tidak hanya menggerutu terhadap masalah sosial yang ada namun juga mengajak orang lain untuk bersama – sama melakukan perubahan :)








4 komentar:

  1. senang sekali akhirnya Sta kembali menulis lagi, seru sekali ya ikut acara Duta Cerita ternyata (padahal udah diceritain lewat telepon tapi tetep aja excited baca ceritanya) + liat fotonya berasa SYC! hahahaha go sta semangat menginspirasi <3

    BalasHapus
  2. Iya, berasa lagi ikut conference ala AIESEC lagi nih hehe yep terinspirasi Iluk juga nih buat konsisten nulis. Semangat juga buat kamu luk! :)))

    BalasHapus
  3. OPPO POKER BONUS NEW MEMBER 20.000!!!
    CHAT SKRG JUGA DI LIVECHAT TER-RAMAH DAN TERPERCAYA OPPO POKER!

    BalasHapus
  4. Numpang ya min ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus New Member 50%
    Bonus next deposit 5%
    Bonus rilingan 0,5%
    dan masik banyak yang lainnya bossku
    Penasaran!!! coba aja dulu.. biar gk penasaran.

    BalasHapus