Selasa, 03 April 2018

# Scholarship Story

Wominjeka!

Ada yang pernah dengar istilah Wominjeka? Ini merupakan ucapan selamat datang yang berasal dari bahasa Woiwurung sebagai bagian dari suku asli negara Australia yakni suku Aborigin dan kalian bisa cari tahu hal tersebut di sini. Ketika awal memasuki masa orientasi kampus, aku pun juga disambut dengan kegiatan welcoming orientation student bertajuk wominjeka. Tak terasa hampir 2 bulan aku menjalani perjalanan babak baru dalam hidupku sebagai mahasiswa Master of Education in Digital Learning di Monash University, Australia. Campur aduk rasanya mengingat perjuangan yang telah aku lakukan sepanjang 2 tahun terakhir ketika memutuskan menjadi seorang scholarship hunter
Wominjeka Pathway

Di awal tahun 2016, aku pernah menulis sebuah catatan pada dream board yang aku tempel di kamarku bahwa aku ingin tinggal selama kurang lebih 1 – 2 tahun di sebuah negara asing dan menjadi seorang minoritas. Muncul sebersit keinginan untuk memandang dunia dari perspektif yang lain dan tentunya hal itu akan membuatku menjadi lebih bersyukur dari sebelumnya. Saat berada di sini,  terkadang muncul rasa rindu ketika sudah tiba waktu sholat namun tidak ada suara adzan berkumandang yang bersahut – sahutan. Hal ini tentunya berbeda jauh saat tengah berada di tanah air dimana kita akan dengan mudahnya menemukan masjid untuk menunaikan ibadah. Untungnya saat berada di kampus, aku bisa menemukan tempat untuk sholat di gedung Religious Center.
Religious Center Building
Selain itu, minggu – minggu awal kedatangan pun aku juga harus membiasakan diri dengan perbedaan jam dengan Indonesia dan tentunya cuaca. Banyak yang bilang bahwa ketika kita berada di Melbourne, kita akan merasakan 4 cuaca sekaligus dalam sehari dan itu ternyata ga bohong! Sering banget aku udah cukup pede pergi ke kampus dan ga bawa jaket karena lihat ramalan cuaca yang cenderung panas tapi ternyata begitu selesai perkuliahan di jam 8 malam tiba – tiba suhu langsung drop dan baru sedikit menyesal kenapa ga bawa jaket untuk menghalau hawa dingin.
Big Screen with Cafetaria Spot
Nah, kalau untuk sistem belajar sendiri pastinya beda banget, mungkin dulu ketika S1 aku bisa dibilang sebagai mahasiswa kura – kura (kuliah rapat – kuliah rapat) dan belajar tuh biasanya sistem kebut semalam tapi itu ga berlaku buatku disini. Aku dituntut untuk baca materi terlebih dahulu dan belajar secara mandiri karena dosen biasanya akan memeberi materi di online learning platform yang bernama MOODLE dan setelah itu akan ada beberapa learning sources lainnya seperti reading materials, video maupun tugas yang sesuai dengan subjek mata kuliah yang tengah kita ambil. Jadi ketika kelas berlangsung akan lebih banyak diskusi dengan dosen maupun teman – teman kita yang lain.  Sementara, ketika mencari tempat belajar di luar ruang kelas yang cukup nyaman akan ada banyak sekali pilihan, kita bisa belajar di perpustakaan, Grad Hub (ruangan belajar khusus mahasiswa master yang disediakan dari Monash), MPA (Monash Post Graduate Association) Lounge atau sekadar duduk glosoran di taman. Tetapi ruangan ini bakal penuh ketika menjelang deadline submit tugas jadi mesti cepet – cepetan deh.
One of the Library in Monash
Sementara untuk urusan makan dan jajan sehari – hari, aku lebih sering masak karena bisa menghemat biaya. Buat aku yang ga terlalu bisa masak, awal – awal pasti agak kesulitan tapi tenyata untuk mencari bumbu Indonesia dan Asia di Melbourne itu ga sulit. Jadi ketika kangen masakan rumah kita bisa langsung masak untuk ngobatin rasa rindu. Oh iya,  perbedaan harga yang jauh juga bisa bikin kita banyak mengeluarkan biaya kalau terlalu sering makan di luar. Untuk sehari – hari, sekali makan di luar itu biayanya 10 – 15 AUD, bayangkan kalau tiap hari kita harus makan setidaknya dua sampai tiga kali. Untuk menyiasati ini. ketika pergi ke kampus pun aku bawa bekal. Nah, asiknya juga ada fasilitas student kitchen yang ada microwavenya kalau kita ingin menghangatkan makanan. Untuk air mineral pun ada fasilitas tap water di area kampus jadi  kita cukup bawa botol minum aja untuk isi ulang.
Learning and Teaching Building

Perjalananku di negara ini tentunya masih akan panjang dan aku sangat bersyukur bisa merealisasikan satu per satu dari mimpiku. Aku pun semakin bersemangat ketika mengingat di kemudian hari akan banyak cerita yang aku ukir di negara ini bersama dengan kisah dan teman – teman yang baru. Kedepannya aku akan banyak cerita juga tentang kisahku di kampus ini yang mungkin bisa jadi inspirasi juga buat kalian :)

1 komentar:

  1. OPPO POKER Free Bonus Untuk New Member!!!
    Deposit 15.000 - 49.999 = Bonus nya 10.000
    Deposit 50.000 - 99.999 = Bonus nya 15.000
    Deposit 100.000 Ke atas = Bonus nya 20.000

    BONUS ANDA AKAN DILAYANI OLEH CS OPPO POKER YANG RAMAH, SEKSI DAN CANTIK PASTINYA UHUUYYY!
    YUK DAFTAR SEKARANG DI OPPO POKER! ^_^

    BalasHapus