Sabtu, 20 Januari 2018

# Thoughts

Menjadi Gelas Setengah Penuh

Perjalanan memulai tahun 2018 ini aku buka dengan kembali mengikuti kegiatan RK Mentee 2018 (Hah? Ikutan lagi?). Iya, jadi setelah tahun lalu aku mendapat kesempatan untuk bisa mengikuti serangkaian kegiatan Living The Experience (LTE) kemudian tahun ini aku bisa merasakan program yang sama. Kali ini aku bukan lagi sebagai peserta namun panitia tambahan. Hal baiknya adalah aku jadi bisa mengikuti sesi yang disampaikan oleh pembicara. Saat datang ke Rumah Perubahan, aku diminta untuk memperkenalkan diri kepada peserta kegiatan tahun ini dan aku pun memberi sedikit nasihat bahwa jadilah pribadi dengan komposisi seperti gelas kosong sehingga tidak merasa cepat puas dan sombong atas segala pencapaian yang ada. Maksudnya gimana tuh? Seperti yang sudah – sudah, para peserta program ini dijaring dari ribuan pendaftar dan memiliki background pengalaman kepempinan yang baik seperti aktivis kampus atau aktif di kegiatan sosial. Tetapi, ada baiknya para peserta bisa belajar dari satu sama lain dan menyerap berbagai macam informasi baru.



Setelah proses perkenalan dengan peserta, aku pun kemudian berbincang dengan teman – teman mentee di Rumah Perubahan. Waktu itu, Mas Enje (RK Mentee 2016) memberiku sedikit masukan akan filosofi sebuah gelas kosong menjadi sebuah gelas setengah penuh. Dengan menjadi sosok seperti ini, kita akan mengkaji dan menggali informasi yang baru kita dapat dengan pengetahuan yang sudah kita miliki. Sehingga, kita akan membiarkan otak kita untuk berproses lebih dalam dengan bekal ilmu yang telah kita punya.



Dengan bekal pengalaman yang sudah aku miliki, aku jadi mencerna lebih dalam berbagai kegiatan yang ada pada Living The Experience 2018. Beberapa perbedaan konsep acara yang aku temui justru malah mempertajam pola pikirku untuk nantinya mempersiapkan diri menjadi mahasiswa program master. Jujur, ada sedikit rasa deg – degan ketika harus berangkat untuk memulai sekolah lagi dengan tempat, kultur, bahasa maupun lingkungan yang baru di benua sebrang. Hal lainnya yang bisa aku siapkan adalah menggali insight dengan berbincang seputar dunia pendidikan dan teknologi bersama beberapa orang yang aku temui di Rumah Perubahan kemarin termasuk Prof. Rhenald Kasali dan Bunda Elisa Kasali. Okey, rasanya sekarang aku udah siap untuk memulai pengalaman baru dan penuh tantangan pastinya di negeri Kangguru :D




1 komentar:

  1. OPPO POKER Free Bonus Untuk New Member!!!
    Deposit 15.000 - 49.999 = Bonus nya 10.000
    Deposit 50.000 - 99.999 = Bonus nya 15.000
    Deposit 100.000 Ke atas = Bonus nya 20.000

    BONUS ANDA AKAN DILAYANI OLEH CS OPPO POKER YANG RAMAH, SEKSI DAN CANTIK PASTINYA UHUUYYY!
    YUK DAFTAR SEKARANG DI OPPO POKER! ^_^

    BalasHapus