Sabtu, 23 Desember 2017

# Thoughts

Quarter Life Crisis

Hari – hari menjelang pergantian tahun biasanya aku manfaatkan sebagai waktu untuk refleksi diri. Salah satu pelajaran penting yang aku dapatkan sepanjang tahun ini adalah bagaimana aku bisa menerima diriku apa adanya tanpa membanding – bandingkan dengan orang lain. Sangat mudah ketika kita merasa tidak pernah puas, kurang di sisi ini atau tertinggal dibanding yang lainnya. Saat melihat teman – teman sebaya sudah mencapai posisi di perusahaan X, sementara di lain sisi si A yang kemudian menikah atau si B yang sudah punya anak terkadang membuat batin kita tidak siap. Ya, perubahan itu nyata. Kita yang tidak siap pun kerap uring –uringan karena aku sendiri pun merasakan hal yang sama. 

Aku butuh waktu untuk memahami diriku sendiri di tengah kebingungan yang tidak berujung ini. Beberapa orang pun berujar aku mulai mengalami quarter life crisis syndrome. Wah, apaan tuh? Semacam penyakit kah? Nah, jadi ketika mulai memasuki usia seperempat abad biasanya orang akan mulai memikirkan pijakan selanjutnya dalam menentukan keputusan penting di hidupnya saat rentang usia ini. Mungkin kamu bisa membaca artikel ini untuk tau juga apa gejala – gejalanya.

Ada masa dalam hidup ketika kita seperti hilang arah dan serba salah dalam melakukan sesuatu. Itu kerap terjadi ketika kita belum merasa yakin dengan pilihan kita sendiri. Kita seperti kehilangan makna kehidupan dan menjalankan segala sesuatu dengan serba terpaksa. Bahkan untuk bangun pagi pun rasanya malas karena tau kita akan melakukan sesuatu yang sia – sia. Aku pernah ada di posisi ini dan sempat membuatku enggan untuk keluar menyapa dunia. Aku termasuk orang yang berkepribadian extrovert dan sangat aneh rasanya ketika aku jadi kayak ngehindar dari temen - temenku. Padahal, aku sangat suka ketika bisa menghabiskan waktu untuk brainstorming atau mengerjakan suatu project. Simply because I gain an energy from meeting people. Sampai akhirnya aku sadar bahwa semua ini adalah suatu proses pendewasaan yang akan dialami oleh semua orang juga. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu kamu melewati fase krusial dalam transisi hidup menuju level dewasa :)

1. Mulailah menulis jurnal pribadi
Menulis buku harian? Why not? :D Hal ini sangat membantu aku untuk meng-capture berbagai momen dalam hidupku dan membuatku optimis bahwa hari esok akan jauh lebih baik dari hari ini. Menulis jurnal pribadi atau catatan harian juga bisa melatih daya ingat dan melatih kreativitas.



2. Melakukan dialog dengan diri sendiri
Ini terdengar seperti ngomong sendiri ya? Tapi aku sering melakukan ini jika aku benar – benar lagi pengen banget dapetin sesuatu. Biasanya aku akan ngomong di depan kaca dan membayangkan kalau hal tersebut sudah benar – benar terjadi. Afirmasi positif yang kita tanamkan di otak bisa membangkitkan semangat loh apalagi ketika kita sudah benar – benar memvisualisasikan hal itu secara detail.

3. Lakukan sesuatu di luar kebiasaan
Ini maksudnya adalah memberi ruang bagi diri kita untuk mengeksplorasi hal – hal baru. Jika biasanya kita kemana – mana menggunakan kendaraan pribadi, coba deh sekali – kali pakai kendaraan umum dan juga disertai berjalan kaki. Atau jika biasanya kita suka memakai baju warna gelap maka ga ada salahnya kita juga pakai warna – warna ceria. Kita jadi bisa melakukan eksperimen untuk diri kita sendiri dan siapa tau ternyata itu juga pas untuk keseharian kita.

4. Melihat dunia lebih luas dengan traveling
Jika sudah benar – benar stress ada baiknya kita rehat sejenak dan mulai pergi untuk berlibur. Sekarang siapa sih yang ga suka traveling? Apalagi sekarang kegiatan ini udah umum dilakukan banyak orang. Tapi coba deh kali ini ketika pergi melancong, posisikan dirimu bukan sebagai seorang turis tetapi sebagai seorang traveler. Kamu bakal lebih banyak tau tentang kultur lokal dan ga terjebak dengan wisata – wisata yang mainstream aja. Poin plusnya adalah kamu jadi bisa lebih mingle dengan warga lokal dan bakal ngerasa kayak lagi di “rumah”. Masih bingung perbedaan turis dan traveler? Coba deh kamu bisa baca artikel dari huffingtonpost tentang 21 tanda bahwa kamu traveler sejati!
5. Cari lingkungan yang satu frekuensi
Masa – masa kayak gini tuh penting banget untuk menajamkan pola pikir dengan banyak bertemu orang – orang yang sudah lebih dulu mengalami momen berat seperempat abad. Kita juga bisa bertanya sama orang yang lebih tua dari kita tentang bagaimana mereka melewati fase quarter life crisis ini. Cara lain adalah dengan memberi dukungan untuk teman – teman sebaya kita lainnya sehingga kita tau masalah ini tuh ga kita lewati sendirian.

Jadi jangan takut guys, kalian ga sendirian kok ketika melewati masa krusial kayak gini. Kita juga harus yakin bahwa setiap orang sudah punya jalan hidupnya masing – masing asal tetap mau berusaha terus ketika gagal. Menjadi dewasa itu memang melelahkan tapi bukan berarti kita ga bisa having fun kan? hehe

3 komentar:

  1. OPPO POKER BONUS NEW MEMBER 20.000!!!
    CHAT SKRG JUGA DI LIVECHAT TER-RAMAH DAN TERPERCAYA OPPO POKER!

    BalasHapus
  2. Numpang ya min ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus New Member 50%
    Bonus next deposit 5%
    Bonus rilingan 0,5%
    dan masik banyak yang lainnya bossku
    Penasaran!!! coba aja dulu.. biar gk penasaran.

    BalasHapus
  3. OPPO POKER Free Bonus Untuk New Member!!!
    Deposit 15.000 - 49.999 = Bonus nya 10.000
    Deposit 50.000 - 99.999 = Bonus nya 15.000
    Deposit 100.000 Ke atas = Bonus nya 20.000

    BONUS ANDA AKAN DILAYANI OLEH CS OPPO POKER YANG RAMAH, SEKSI DAN CANTIK PASTINYA UHUUYYY!
    YUK DAFTAR SEKARANG DI OPPO POKER! ^_^

    BalasHapus