Sabtu, 16 Desember 2017

# Traveling

10 Tips Yang Bakal Bikin Kamu Enjoy Untuk Memulai Solo Traveling


Ide untuk menjalani solo traveling sebenarnya sudah terlintas cukup lama. Namun, selalu saja ada rasa takut untuk mencoba pengalaman ini. Pikiran – pikiran seperti akan tersesat atau ketemu orang jahat selalu berputar – putar di kepalaku. Nah, sebenarnya solo traveling itu apa sih? Solo Traveling sendiri merupakan sebuah perjalanan yang dilakukan seorang diri, bisa jadi dalam waktu yang singkat maupun juga lama. Hal menariknya adalah kita bisa jadi lebih mengenal diri kita sendiri dan percaya sama kemampuan kita jadi ga selalu bergantung sama orang lain. Terus gimana dong kalau masih ragu? Nah, kali ini aku mau sedikit berbagi tips bagaimana sih untuk memulai sebuah perjalanan seorang diri!

1. Riset Lokasi Wisata Kamu
Hal ini penting buat kalian yang baru mau memulai sebuah perjalanan sendiri. Inget, kamu bukan lagi ikut rombongan tur atau lagi liburan sama genk kamu. Jadi, sudah saatnya untuk mencari tahu tentang destinasi wisata inceran mulai dari tiket, cara pergi kesana atau bahkan penginapan di daerah sekitar situ. Riset ini juga bakal ngebantu banget untuk memperhitungkan berapa budget yang harus dikeluarkan untuk perjalanan tersebut.


2. Atur Waktu Kamu Sebijaksana Mungkin
Kalau biasanya kamu duduk manis dan nunggu arahan untuk pergi ke destinasi wisata selanjutnya tapi kali ini beda cerita. Kamu adalah bos untuk dirimu sendiri jadi berapa banyak tempat wisata yang bakal dikunjungi pun itu kamu yang atur. Atau bahkan kamu mau memilih bersantai agak lama di tempat A dan lebih bentar di tempat B itu juga gak papa loh! Ini saatnya kamu me time sama dirimu sendiri.

3. Pakai pakaian yang nyaman dan ga mencolok
Kebayang dong ngangkat koper yang besar – besar capeknya bakal kayak apa? Daripada mandi keringet dan kucel jadi bikin badmood mending pakai pakaian yang nyaman deh. Kalau aku, ketika perjalanan jauh lebih suka pake kemeja flanel atau t-shirt tangan panjang, celana dan sepatu converse. Ini memungkinkan gerakku lebih nyaman dan anti ribet!


4. Bawa Uang Tunai Sejumlah Yang Kamu Perlukan
Zaman udah canggih gini kamu bisa memanfatkan fasilitas m-banking atau ATM jika benar – benar butuh uang. Kita ga akan pernah tau nantinya bakal kayak gimana pada saat kamu mulai solo traveling makanya ada baiknya untuk tetap mawas diri dalam membawa uang tunai.

5. Bawa buku
Aku kadang suka mati gaya kalau lagi pergi sendiri dan bingung mau ngobrol sama siapa. Nah, biasanya aku bawa buku sebagai teman di perjalanan kalau kebetulan emang ga nemu temen ngobrol yang asyik.

source: newyorksightseeingtours
6. Bawa kunci gembok tambahan
Jadi solo traveling itu kadang ga selalu enak karena ada kalanya aku harus tidur di bandara atau stasiun. Untuk mengantisipasi ini, kamu bisa kasih gembok tambahan biar ketika kamu tidur kamu ga khawatir sama barang – barang kamu.

7. Belilah Oleh - Oleh Secukupnya
Kalau biasanya kamu suka kalap beli oleh – oleh ketika berpergian, nah sudah saatnya kali ini manjain diri kamu untuk benar – benar menikmati perjalanan itu. Cukup beli beberapa oleh – oleh seperlunya dan waktu yang ada bisa kamu gunain untuk hal lain daripada sibuk milih souvenir.

8. Ramah Tapi Tetap Waspada
Buat seorang solo traveler sudah pasti akan kelihatan aneh ketika mengunjungi suatu destinasi wisata yang rame tapi kamu malah sendirian semengtara yang lain bareng sama genknya. Nah, ini saatnya kamu memberanikan diri untuk sekedar menyapa. Syukur - syukur kamu diajak gabung atau malah dapet partner traveling bareng. Tapi tetep harus sopan yah dan jangan SKSD! Dulu, aku juga tipe orang yang cuek banget kalau ketemu orang baru tapi sekarang aku berusaha untuk membuka obrolan duluan. Justru banyak banget hal yang kemudian aku pelajari juga dari orang yang baru aku temui. Ketika bingung harus ambil foto juga kamu jadi bisa minta bantuan orang yang kamu temui di perjalanan.

9. Jangan panik
Ketika ada sesuatu yang terjadi ga sesuai dengan ekspektasi kamu, cobalah jangan panik dan tetap tenang. Ketinggalan pesawat? Dicopet di bus? Atau ketemu orang super rese di kereta? Itu adalah beberapa contoh kejadian ga enak ketika kita pergi sendiri. Hal yang biasanya aku lakukan adalah mencoba tenang biar bisa berpikir jernih karena dengan marah – marah ga akan menyelesaikan masalah. Makanya penting juga untuk buat salinan kartu identitas kayak KTP, Paspor, SIM atau dokumen penting lainnya. Simpan juga beberapa nomor penting kayak kantor polisi atau rumah sakit terdekat jadi kamu lebih ngerasa aman.

10. Saatnya Memulai Perjalananmu Sendiri
Nah, kalau dari tadi masih mikir bagaiamana ya atau aduh aku bisa ga ya? Udah deh ini saatnya kamu keluar dari zona nyaman dan temukan hal baru. Solo Traveling itu ga semenakutkan yang kalian pikirkan kok. Kamu juga ga harus pusing berdebat sama temanmu untuk menentukan enakan makan atau belanja dulu. Kamu juga bebas mau pergi ke tempat yang sebelumnya dilarang sama pasangan kamu misalnya. Atau kamu ga harus izin sama orang tua kalau ternyata terlambat pulang lebih dari jam 10 malem. Jadi sudah saatnya memulai cerita terbaik versi kamu sendiri :)


4 komentar:

  1. Suka baca tulisan Mbak. Menarik, membantu banget dan inspiratif.
    Masih ingat dengan rahmad Mbak ?

    BalasHapus
  2. OPPO POKER BONUS NEW MEMBER 20.000!!!
    CHAT SKRG JUGA DI LIVECHAT TER-RAMAH DAN TERPERCAYA OPPO POKER!

    BalasHapus
  3. Numpang ya min ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus New Member 50%
    Bonus next deposit 5%
    Bonus rilingan 0,5%
    dan masik banyak yang lainnya bossku
    Penasaran!!! coba aja dulu.. biar gk penasaran.

    BalasHapus
  4. OPPO POKER Free Bonus Untuk New Member!!!
    Deposit 15.000 - 49.999 = Bonus nya 10.000
    Deposit 50.000 - 99.999 = Bonus nya 15.000
    Deposit 100.000 Ke atas = Bonus nya 20.000

    BONUS ANDA AKAN DILAYANI OLEH CS OPPO POKER YANG RAMAH, SEKSI DAN CANTIK PASTINYA UHUUYYY!
    YUK DAFTAR SEKARANG DI OPPO POKER! ^_^

    BalasHapus